RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPK St. Fransiskus Xaverius Ruteng
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Musik
Semester :
1 ( satu )
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2x pertemuan)
Standar kompetensi
|
:
|
3. Mengapresiasi karya seni musik.
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.1.Mengidentifikasi jenis lagu
daerah setempat.
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
Pertemuan 1 dan 2
1.
Menyebutkan lagu etnik daerah setempat.
2.
Menyebutkan elemen-elemen musik, irama,
warna, tempo, nada, dinamika lagu etnik daerah setempat.
3.
Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah
lagu“Benggong“.
4.
Menyajikan lagu etnik daerah setempat NTT,
lagu “Benggong“.
1.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B.
MATERI AJAR
1. Musik Daerah .
C.
METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.
D.
LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama dan kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
dan Motivasi :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah setempat.
- Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- Mendengarkan lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
- Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik daerah setempat.
- Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.
Alat/ SUMBER BELAJAR
-
Buku
“Seni Budaya
-
Lagu
daerah “Benggong”
-
VCD/CD/kaset,
Guru.
F.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mengidentifikasi
jenis lagu daerah setempat
· Menyebutkan
jenis alat musik yang diperdengarkan
· Mengidentifikasi
elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu daerah setempat
|
Tes
lisan
|
Daftar pertanyaan
|
·
Sebutkan jenis lagu yang diperdengarkan
·
Sebutkan alat musik yang mengiringi lagu
·
Sebutkan
elemen-elemen musik yang terdapat pada lagu yang diperdengarkan
|
FORMAT PENILAIAN
NO
|
Skor Mentah Perolehan (a)
|
Skor Mentah Maksimum (b)
|
Bobot soal skor Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
1
|
2
|
2
|
1
|
8
|
10
|
10
|
8
|
Keterangan
: Nilai tiap soal = a/b x c
Skor butir soal = 8/10x100% = 8
Jadi nilai siswa dalam indikator ini
adalah 8
Mengetahui,
Kepala SMP St. Fransiskus
Xaverius
(Rm.
Yohanes F. Selman, Pr, S. Fil)
NIP/NIK :
.................................
|
Ruteng, 15
Agustus 2011
Guru Mapel
Seni Budaya.
(Claudius P.I. Ngadut, S. Fil)
NIP/NIK :
.................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMPK St. Fransiskus Xaverius Ruteng
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/ Seni Musik
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1 (satu)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Standar kompetensi
|
:
|
3. Mengapresiasikan karya seni Musik.
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.2 Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan lagu daerah setempat.
|
1.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada khir pembelajaran siswa dapat:
§
Menyebutkan
judul lagu yang diperdengarkan ( Lagu “Kakor Lalong”).
§ Menyebutkan
elemen- elemen musik : irama, tempo, nada, dinamika dan dari lagu daerah
setempat ( yang diperdengarkan )
§ Menyebutkan
keunikan-keunikan lagu daerah yang diperdengarkan.
2.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
2.
MATERI AJAR
1. Musik Daerah.
3.
METODE
Model Pendekatan
Ctl dan Lifeskill
4.
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
dan Motivasi :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan
tanggapan pribadi tentang keunikan lagu Jaranan.
F Mendengarkan
Lagu “ Kakor Lalong ” melalui Kaset/ VCD
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendiskusikan tentan
elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Alat / SUMBER BELAJAR
1. Buku „Seni
Budaya .
2. Kaset /VCD /
Tape Rekorder.
3. Lagu „Kakor Lalong“
6.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mampu
menyebutkan keunikan yang ada pada lagu
daerah setempat
· Membedakan
keunikan lagu etnik daerah dan lagu
POP daerah setempat
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Tuliskan
tentang keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat
·
Jelaskan perbedaan keunikan lagu POP daerah
serta lagu etnik daerah setempat
|
Mengetahui,
Kepala SMP St. Fransiskus
Xaverius
(Rm.
Yohanes F. Selman, Pr, S. Fil)
NIP/NIK :
.................................
|
Ruteng, 15
Agustus 2011
Guru Mapel
Seni Budaya.
(Claudius P.I. Ngadut, S. Fil)
NIP/NIK :
.................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMPK St.
Fransiskus Xaverius Ruteng
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Seni
Budaya/ Seni Musik
|
Kelas /
Semester
|
:
|
VII / I
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
16 x 40
menit ( 8x pertemuan )
|
Standar
kompetensi
|
:
|
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.1
Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Pertemuan 1-8
§ Menuliskan
pola irama lagu model “Aku Retang Bao“.
§ Mengaransir
secara sederhana elemen-elemen musik lagu “ Aku Retang Bao“
3.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B.
Materi Ajar
a. Musik Daerah
b. Berkarya Musik
C.
Metode
Model Pendekatan
CTL dan Lifeskill
D.
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1-8
a. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
dan Motivasi :
Tanya jawab tentang berbagai hak terkait
dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyanyikan
lagu model “ Aku Retang Bao“
F Menerangkan
aransemen musik
F
Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble musik
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendiskusikan
tentang elemen musik yaitu irama
F Menerangkan
pola irama
F Bersama siswa
merasakan pola irama dengan tepukan
F Membentuk
kelompok diskusi
F Mendiskusikan
pola irama “Aku Retang Bao “ bersama kelompoknya
F Mendiskusikan
/ membuat aransemen lagu “Aku
Retang Bao“ bersama kelompoknya.
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.
Sumber Belajar
-
Buku “Seni Budaya .
- Lagu-lagu etnik daerah
-
DVCD/cassette/guru.
F.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü menyanyikan
lagu daerah setempat
Ü Menjelaskan
prosedur mengaransir lagu
Ü mengaransir secara sederhana dengan
memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
Ü Mengaransir
lagu etnik daerah setempat dalam dua suara
Ü Mendemonstrasikan
alat musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir
|
Tes praktik/
Kinerja
|
Tes Uji kerja
|
ÜNyanyikan lagu
daerah setempat dengan benar
ÜSebutkan cara
mengaransir lagu
Ü Buatlah
aransemen sederhana dari lagu yang diperdengarkan
ÜSebutkan 3 contoh
lagu daerah NTT!
ÜApa yang dimaksud
pola irama?
ÜTuliskan pola irama
lagu “Aku Retang Bao“!
ÜApa yang dimaksud
aransemen?
ÜSebutkan
bagian-bagian dalam penyajian musik !
|
Format penilaian
NO
|
Skor Mentah Perolehan (a)
|
Skor Mentah Maksimum (b)
|
Bobot soal skor Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
2
|
||
2
|
2
|
2
|
||
3
|
2
|
2
|
||
4
|
2
|
2
|
||
5
|
2
|
2
|
||
Mengetahui,
Kepala SMP St. Fransiskus
Xaverius
(Rm.
Yohanes F. Selman, Pr, S. Fil)
NIP/NIK :
.................................
|
Ruteng, 15
Agustus 2011
Guru Mapel
Seni Budaya.
(Claudius P.I. Ngadut, S. Fil)
NIP/NIK :
.................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMPK St. Fransiskus Xaverius Ruteng
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VII / 1 (satu)
Alokasi
Waktu : 8 x
40 menit ( 4x pertertemuan )
Standar
kompetensi
|
:
|
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.2 Menampilkan hasil aransemen karya
lagu daerah setempat.
|
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Mendengarkan etnik setempat
2. Membaca notasi karya lagu etnik setempat.
3.
Mengaransir secara sederhana lagu etnik
daerah setempat.
4. Menyajikan hasil aransemen secara
sederhana
4.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B.
Materi Ajar
a. Praktek Musik
b. Berkarya
Musik
C.
Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life Skill..
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
1 - 4 :
1. Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi
dan Motivasi :
peserta didik melakukan tanya jawab sekitar materi
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengaransir secara sederhana dengan
memberikan melodi kedua dari lagu etnik setempat.
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Menuliskan
pola irama lagu etnik setempat. (Kakor Lalong)
F
Menampilkan aransemen lagu etnik setempat
secara perorangan atau kelompok.
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.
Alat/Sumber Belajar
F Audio visual
/ pertunjukan musik daerah.
F Buku teks
F Alat musik
F.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü menampilkan
hasil aransemen lagu etnik daerah setempat
secara perorangan atau kelompok
Ü Menampilkan
hasil aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan berbagai alat
musik
|
Tes praktik/
Kinerja
|
Tes Uji kerja
|
ÜTampilkan lagu
hasil aransemen secara kelompok
ÜTampilkan lagu
hasil aransemen secara perorangan
|
0 komentar:
Have any question? Feel Free To Post Below: