13 Desember 2011

RPP Seni Budaya SMP Kelas I

Diposting oleh Unknown at 10.04.00

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah              : SMPK St. Fransiskus Xaverius Ruteng
Kelas                  : VII
Mata Pelajaran   : Seni Budaya / Seni Musik
Semester            : 1 ( satu )
Alokasi Waktu   : 4 x 40 menit (2x pertemuan)

Standar kompetensi
:
3.   Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
3.1.Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
Pertemuan 1 dan 2
1.      Menyebutkan lagu etnik daerah setempat.
2.      Menyebutkan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagu etnik daerah setempat.
3.      Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah lagu“Benggong“.
4.      Menyajikan lagu etnik daerah setempat NTT, lagu “Benggong“.

1.      Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     MATERI AJAR
1.      Musik Daerah .

C.     METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.

D.     LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua :
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
  •  Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah setempat. 
  • Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber; 
  • Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; 
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; 
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  •      Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  •  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  •            Mendengarkan lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
  •   Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik daerah setempat.
  •    Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
  •     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; 
  •       Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif; 
  •     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; 
  •       Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  
          Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/ SUMBER BELAJAR
-       Buku “Seni Budaya
-       Lagu daerah “Benggong”
-       VCD/CD/kaset, Guru.

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mengidentifikasi jenis lagu   daerah setempat
·     Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan
·     Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu daerah setempat
Tes
lisan




Daftar pertanyaan






·   Sebutkan jenis lagu yang diperdengarkan
·   Sebutkan alat musik yang mengiringi lagu
·   Sebutkan  elemen-elemen musik yang terdapat pada lagu yang diperdengarkan





FORMAT PENILAIAN
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1
2
2
2
2
2
1
2
2
1
3
2
2
2
2
4
2
2
2
2
5
1
2
2
1

8
10
10
8


Keterangan : Nilai tiap soal   = a/b x c
                     Skor butir soal = 8/10x100% = 8
                      Jadi nilai siswa dalam indikator ini adalah 8



Mengetahui,
Kepala SMP St. Fransiskus Xaverius


(Rm. Yohanes F. Selman, Pr, S. Fil)
NIP/NIK : .................................

Ruteng, 15 Agustus  2011
Guru Mapel Seni Budaya.



(Claudius P.I. Ngadut, S. Fil)
     NIP/NIK : .................................




                                                                                                                                         





RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMPK St. Fransiskus Xaverius Ruteng
Mata Pelajaran
:
Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas / Semester
:
VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
3.  Mengapresiasikan  karya seni Musik.
Kompetensi dasar
:
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. 

1.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada khir pembelajaran siswa dapat:
§  Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan ( Lagu “Kakor Lalong”).
§  Menyebutkan elemen- elemen musik : irama, tempo, nada, dinamika dan dari lagu daerah setempat ( yang diperdengarkan )
§  Menyebutkan keunikan-keunikan lagu daerah yang diperdengarkan.

2.      Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

2.      MATERI AJAR
1. Musik Daerah.

3.      METODE
Model Pendekatan Ctl dan Lifeskill

4.      LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan. 

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memberikan tanggapan pribadi tentang keunikan lagu Jaranan. 
F  Mendengarkan Lagu “ Kakor Lalong ” melalui Kaset/ VCD
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan tentan elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

5.      Alat / SUMBER BELAJAR
1.      Buku „Seni Budaya .
2.      Kaset /VCD / Tape Rekorder.
3.      Lagu „Kakor Lalong

6.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu  daerah setempat
·     Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan  lagu POP daerah setempat

Tes tertulis

Tes uraian

·   Tuliskan   tentang keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat
·   Jelaskan perbedaan keunikan lagu POP daerah serta lagu etnik daerah setempat
Mengetahui,
Kepala SMP St. Fransiskus Xaverius


(Rm. Yohanes F. Selman, Pr, S. Fil)
NIP/NIK : .................................

Ruteng, 15 Agustus  2011
Guru Mapel Seni Budaya.



(Claudius P.I. Ngadut, S. Fil)
     NIP/NIK : .................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMPK St. Fransiskus Xaverius Ruteng
Mata Pelajaran
:
Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas / Semester
:
VII / I
Alokasi Waktu
:
16 x 40 menit ( 8x pertemuan )
Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni 
Kompetensi dasar
:
4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Pertemuan 1-8
§  Menuliskan pola irama lagu model “Aku Retang Bao“.
§  Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu “ Aku Retang Bao“

3.      Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
a. Musik Daerah
b. Berkarya Musik

C.     Metode
Model Pendekatan CTL dan Lifeskill

D.     Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1-8
a.  Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab tentang berbagai hak terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.

b.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru menyanyikan lagu model “ Aku Retang Bao“
F  Menerangkan aransemen musik
F  Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble musik
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan tentang elemen musik yaitu irama
F  Menerangkan pola irama
F  Bersama siswa merasakan pola irama dengan tepukan
F  Membentuk kelompok diskusi
F  Mendiskusikan pola irama “Aku Retang Bao “ bersama kelompoknya
F  Mendiskusikan / membuat aransemen lagu “Aku Retang Bao“ bersama kelompoknya.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Sumber Belajar
- Buku “Seni Budaya .
- Lagu-lagu etnik daerah
- DVCD/cassette/guru.

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  menyanyikan lagu daerah setempat
Ü  Menjelaskan prosedur mengaransir lagu
Ü   mengaransir secara sederhana dengan memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
Ü  Mengaransir lagu etnik daerah setempat dalam dua suara
Ü  Mendemonstrasikan alat musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir

Tes praktik/ Kinerja







Tes Uji kerja








ÜNyanyikan lagu daerah setempat dengan benar
ÜSebutkan cara mengaransir lagu
Ü Buatlah aransemen     sederhana dari lagu    yang diperdengarkan
ÜSebutkan 3 contoh lagu daerah NTT!
ÜApa yang dimaksud pola irama?
ÜTuliskan pola irama lagu “Aku Retang Bao“!
ÜApa yang dimaksud aransemen?
ÜSebutkan bagian-bagian  dalam penyajian musik !






Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

2
2

2

2
2

3

2
2

4

2
2

5

2
2










Mengetahui,
Kepala SMP St. Fransiskus Xaverius


(Rm. Yohanes F. Selman, Pr, S. Fil)
NIP/NIK : .................................

Ruteng, 15 Agustus  2011
Guru Mapel Seni Budaya.



(Claudius P.I. Ngadut, S. Fil)
     NIP/NIK : .................................










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                         : SMPK St. Fransiskus Xaverius Ruteng
Mata Pelajaran                              : Seni Budaya
Kelas/Semester                             : VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu                              : 8 x 40 menit  ( 4x pertertemuan )

Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Mendengarkan etnik setempat
2.      Membaca notasi karya lagu etnik setempat.
3.      Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat.
4.      Menyajikan hasil aransemen secara sederhana

4.      Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
a. Praktek Musik
b. Berkarya Musik

C.     Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life Skill..

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 - 4 :
1.      Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
peserta didik melakukan tanya jawab sekitar materi pembelajaran. 

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengaransir secara sederhana dengan memberikan melodi kedua dari lagu etnik setempat.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Menuliskan pola irama lagu etnik setempat. (Kakor Lalong)
F  Menampilkan aransemen lagu etnik setempat secara perorangan atau kelompok.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/Sumber Belajar
F  Audio visual / pertunjukan musik daerah.
F  Buku teks
F  Alat musik

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat  secara perorangan atau kelompok
Ü  Menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan berbagai alat musik
Tes praktik/ Kinerja

Tes Uji kerja

ÜTampilkan lagu hasil      aransemen secara  kelompok

ÜTampilkan lagu hasil    aransemen secara perorangan

  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

 
© 2012 SOFTECHNOGEEK | Modifikasi dan Publikasi Kodokoala. All Rights Reserved.